Rabu, 11 Maret 2009

Membedah Kemewahan Daihatsu Luxio


Daihatsu meluncurkan produk barunya yang diberi nama Luxio. Nama ini sengaja dipilih untuk memberi kesan ‘mewah’. Kenyataannya, Luxio memang lebih mewah dari saudaranya satu platform, yaitu Gran Max minibus atau wagon. Utamanya begitu melihat dua unit Luxio yang dipanjang di Grand Ballroom, Hotel Kempinski, Jakarta, saat Daihatsu menggelar jumpa pers dengan wartawan Ibu Kota.


Presentasi Daihatsu mengeksploitasi semua kemewahan yang ada pada minivan berhitung pesek ini. Begitu melihat dari dekat, mulai dari eksterior sampai ke interior dari salah satu tipe yang panjang dengan transmisi otomatik, Daihatsu Luxio memang mewah. Interiornya tampil dengan warna beige, yaitu jok, langit-langit, dan door trim. Hanya dashboard yang menggunakan two tone atau dua warna, beige dan hitam.

Dibandingkan dengan saudaranya, Gran Max minibus, Luxio memang mewah dan lebih lengkap. Kualitas material interior jauh lebih halus. Begitu juga dengan door trim. Kedua pintu depan dilengkapi dengan bezel tombol power window dan door lock. Hal ini membuat pengemudi dan penumpang lebih nyaman dan aman.
Varian. Ketika Suparno Djasmin, CEO PT Astra International – Daihatsu Sales Operation membeberkan harga jual minivan ini, sebagian wartawan yang mendengarkannya langsung berseru, ”Wow!”. Terutama ketika harga tipe X—paling mewah—dengan transmisi otomatik disebutkan Rp 162 juta. Bahkan, bila ditambah lagi dengan ABS mesti keluar lagi uang Rp 3 juta (tidak terlalu mahal). Mau lebih lengkap lagi, untuk tipe X Ultimate, aksesori lengkapnya dihargai Rp 6,8 juta.

Dengan harga segitu, Daihatsu menargetkan produk barunya ini untuk keluarga yang lebih mapan serta membutuhkan kemewahan dan bukan sekadar fungsional.

Strategi yang dilakukan Daihatsu menjajakan Luxio agar bisa dijangkau kalangan lebih luas, memasarkannya dalam tiga varian dasar. Versi paling standar, D, dihargai Rp 136 juta. Pada brosur Luxio yang dikeluarkan Daihatsu, versi standar ini tidak dilengkapi lampu kabut, gril tidak dilapisi krom dan pelek dari pelat baja pres.

Untuk tipe M dijual seharga Rp 146 juta dan X dengan transmisi manual seharga Rp 151 juta.
Opsional. Ketika brosur Luxio diteliti lagi dengan cermat, ternyata beberapa bagian dari mobil yang dipanjang adalah opsional. Misalnya, lampu depan multireflektor dengan HID atau xenon. Gril yang diberi lapisan krom hanya untuk varian X. Begitu juga dengan lampu kabut, kaca spion luar yang bisa disetel dari dalam dengan menekan tombol (electric-retracgtable mirror) yang dilengkapi dengan lampu LED sebagai sinyal untuk berbelok.

Spoiler belakang dengan lampu rem, juga hanya buat tipe X. Begitu juga denga seluruh jok yang dilengkapi dengan penahan kepala. Bahkan, two tone dashboard dengan ornamen pada kluster tengah juga hanya buat varian X. Bahkan, transmisi otomatik dengan tuas berada di dashboard ditawarkan hanya buat tipe X. Hal yang sama juga diberlakukan buat audio Double DIN R/T+CD dengan MP3.

Fitur standar pada tipe M dan X adalah AC double blower, jok deret kedua yang bisa digeser dan sabuk pengaman untuk jok deret kedua dan ketiga.

Beberapa perlengkapan opsional lainnya adalah cargo tray dan cargo net, sedangkan ABS hanya opsional untuk tipe M dan X.

Perbedaan lain antara Luxio dibandingkan dengan Gran Max selain wajahnya, terutama gril, bumper dan lampu, di bagian belakang, lampu kombinasi tidak sama. Pada Luxio, lampu belakang desainnya terdiri dari dua segmen dengan posisi horizontal. Sebagian lampu belakang berada pada pintu belakang. Untuk ban digunakan ukuran 195/65R15.

Peningkatan lain yang dilakukan Daihatsu terhadap Luxio dibandingkan Gran Max adalah karakteristik suspensi yang lebih empuk.
Mesin. Sumber tenaga yang digunakan sama dengan Daihatsu Terios, 1,5 liter VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga 97PS dan torsi 13,5 kgm.

Dibandingkan dengan kompetitornya sesama hidung pesek, mengandalkan interior yang lebih lega. Pasalnya, selain menganut bodi monokok, lantainya lebih rendah. Begitu juga dengan posisi mesin. Hasilnya, selain interior lebih lega, tentu saja lebih stabil untuk diajak bermanuver.
ZBJ

Baca selengkapnya......

Daihatsu Luxio Telah Terjual 700 Unit


Selasa, 10/3/2009 | 16:06 WIB

JAKARTA, SELASA — Mobil baru ternyata laris manis di tengah krisis. Itulah yang dialami oleh Daihatsu Luxio yang diluncurkan pada 26 Februari. Belum sampai dua minggu, menurut Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor, Luxio telah terjual 700 unit di seluruh Indonesia.


“Di luar perkiraan. Hebatnya lagi, yang paling banyak dipesan adalah varian paling mewah,” ungkapnya tanpa merinci persentase. Ditambahkan, penjualan terbanyak tetap di Jakarta. Dijelaskan pula, pembeli pertama dari Luxio adalah kalangan menengah ke atas. “Begitu melihat kemewahannya, mereka langsung pesan,” cerita Amelia.

Di luar pulau Jawa, Luxio paling diminati di Bali. “Banyak perusahaan travel membeli Luxio untuk membawa wisatawan,” cerita Amelia. Maklum, interior memberi kesain mewah. Daerah lain yang juga tinggi permintaannya terhadap Luxio adalah Medan.

Ketiga ditanyakan hadirnya kompetitor di kelas yang sama dan juga menawarkan versi mewah, yaitu Suzuki APV, Amelia mengakui, “Wajah depan mereka saya akui lebih menarik. Namun Luxio punya semacam inner beauty. Interior dan desain belakang, kita lebih bagus. Di samping itu Luxio memiliki inner beauty. Kita tidak cepat bosan dengan mobil seperti ini,” kilahnya.

Baca selengkapnya......

Daihatsu Sirion untuk kalangan Berjiwa Muda


Bertepatan dengan acara Grand Final "Sirion Smart Slalom" yang berlangsung di pelataran parkir Gelanggang Renang Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, pada hari minggu (25/2) malam, PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) yang bertindak sebagai Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) Daihatsu, mengumumkan varian hathback Sirion terbaru, yaitu varian D. Mobil ini merupakan model value for money Sirion untuk menarik minat konsumen di segmen mobil kota.


Kendaraan yang diperkenalkan memang bukan generasi baru dari Sirion, tetapi hanya face lift (downgrade) dan memang ditujukan untuk segmen anak muda dan juga pelanggan baru Daihatsu. Varian dari Sirion sendiri dibagi menjadi tiga varian pilihan, yaitu Sirion varian D yang bertransmisi manual dan matik serta Sirion varian M versi mewah (manual dan matik). Soal harga yang ditawarkan, varian D dibanderol lebih murah dari generasi sebelumnya, sedangkan untuk varian M masih tetap sama namun dengan fitur yang lebih mewah.
Untuk Sirion D menurut penjelasan Pradipto Sugondo, selaku Head Executive Product Dev. Division, mengalami pengurangan fitur, di antaranya tidak ada lampu kabut (Fog Lamp) dan package tray pada bagasi.
Sedangkan untuk Sirion M versi yang baru lebih mewah dengan tampilan yang lebih sporty baik eksterior maupun interiornya. Bahkan untuk warna, ada lima pilihan warna yang ditawarkan dan salah satunya kelir yang lagi tren putih.

Dari sisi eksterior, Sirion M versi baru memiliki nilai lebih dan cocok untuk anak muda sehingga tidak perlu lagi dilakukan modifikasi. Selain eksterior, tampilan interior pun dibikin sporty. Seperti jok dilapisi kulit. Lalu pada dasbor, terutama di belakang setir dan bagian atas audio didesain model karbon keflar dan setir semi-kulit.

Menurut Vice President Director PT. Astra Daihatsu Motor (ADM), Sudirman MR, dengan munculnya varian baru serta perubahan penampilan dari varian sebelumnya, pelanggan dapat memilih kendaraan sesuai dengan kebutuhan mereka. Untuk transmisi manual, pihak ADM mematok harga Sirion D Rp. 119,9 juta, sedangkan matik Rp. 129,9 juta. Untuk Sirion M dibanderol Rp. 133,5 juta (manual) dan Rp. 143,5 juta (Matik).
Data Spesifikasi
Sirion D Sirion M
Panjang Keseluruhan 3720 - - - - - - - 3780
Lebar keseluruhan - - - - 1665 - - - -
Tinggi Keseluruhan 1550 1585
Jarak Sumbu Roda - - - - 2440 - - - -
Jarak Pijak Roda depan - - - - 1455 - - - -
Jarak Pijak Roda Blk - - - - 1465 - - - - -
Tinggi dari Tanah 160 195
Radius Putar Minimum - - - - 4,7 - - - -
MESIN
Tipe - - - K3-VE, DOHC VVT-i - - -
Kapasitas Silinder - - - - 1298 - - - - - -
Sistem Bahan Bakar EFI (Electronic Fuel Injection)
Kapastitas tangki - - - - 40 - - - -
TRANSMISI
Tipe 5 Speed/4 Matik - - - - 5 speed/4 matik
RASIO GIGI AKHIR
Manual/Matik 4,267/4,032 - - - - 4,267/4,032

SISTEM KEMUDI
Tipe Rack and Pinion dengan Power Steering
REM
Depan Cakram (disc) berventilasi dengan booster
Belakang Drums (tromol), Leading & Trailing
Rem Parkir Mekanis pada roda belakang
SUSPENSI
Depan McPerson Struts degan per keong dan stabilizer
Belakang Mekanis pada roda belakang
BAN 175/65 R14 - - - - - 195/50 R16

Baca selengkapnya......

Selasa, 10 Maret 2009

Luxio, Yaris, dan Grand Vitara Siap Dongkrak Penjualan Maret

Selasa, 3/3/2009 | 13:18 WIB

JAKARTA, SELASA — Para produsen mobil di Indonesia bisa sedikit tersenyum lantaran merasakan peningkatan penjualan di kuartal pertama. Salah satu pemicunya, ditawarkannya model baru yang membuat konsumen bergairah untuk membelinya.

Seperti Maret ini saja, beberapa ATPM siap meluncurkan senjata barunya. PT Hyundai Mobil Indonesia menyodorkan city car Hyundai i10, kemudian PT Indomobil Niaga International punya Suzuki Grand Vitara 2.4 yang akan dijajal para wartawan besok, dari Yogyakarta menuju Semarang


Toyota sebagai market leader juga tidak tinggal diam. Menurut informasi, PT Toyota Astra Motor bakal meluncurkan sedan hatchback Toyota Yaris, Maret ini. Yang lainnya, PT Lexus Indonesia, siap melansir sedan.

Di luar dugaan lagi, saat ini ada kecenderungan konsumen untuk tidak menunda membeli mobil sebelum terjadi kenaikan harga jual. “Akibatnya, tingkat penjualan mobil secara nasional meningkat sekitar 10 persen,” kata Wakil Ketua Gaikindo Johny Darmawan, Selasa (3/3) di Jakarta.

Sinyalemen Johny itu ada benarnya. Buktinya, tingkat penjualan mobil nasional menjelang masuknya kuartal kedua mengalami peningkatan. Bila Januari lalu angka penjualan mobil mencapai 31.000 unit, untuk Februari berhasil menembus angka 34.000 unit. “Meski kuartal pertama baru berakhir Maret nanti, kami optimistis penjualan akan semakin membaik,” tandasnya.

Meski demikian, bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2008, tingkat penjualan mobil secara nasional di bulan Februari ini cenderung menurun. Sebagai perbandingan saja, tahun lalu, penjualan mobil mencapai 47.000 unit. Dengan demikian, ada penurunan sekitar 27 persen.

Penurunan penjualan mobil erat kaitannya dengan tingginya tingkat suku bunga kredit konsumtif yang masih bertengger dari angka 10 persen sampai 11 persen. Ini membuat ATPM melakukan subsidi bunga 1-2 persen demi mendongkrak daya beli konsumen. “Adapun subsidi bunga itu diberikan secara tetap selama tiga tahun,” tandas Kiki Fajar, Corporate Communication Manager GM Autoworld Indonesia.

Namun, Kiki berani memprediksikan, puncak penjualan itu akan terjadi pada kuartal kedua alias periode April-Juni dan pada kuartal keempat alias periode Oktober-Desember. Makanya, jangan heran kalau pada kuartal kedua nanti akan lebih banyak ATPM mengeluarkan varian baru.

Ali Imron,SBT

Baca selengkapnya......

Daihatsu Luxio Laris Manis

HARAP cemas, yang muncul di jajaran marketing Astra Daihatsu Motor (ADM) menyusul peluncuran Daihatsu Luxio di Jakarta, Kamis (26/2) terjawab sudah. Dalam sebuah event yang berlangsung di Serpong, akhir pekan lalu, selama dua hari ADM berhasil membukukan lebih dari 150 surat pemesanan kendaraan (SPK).

“Wah! Benar-benar sambutan yang luar biasa disaat situasi ekonomi sedang krisis seperti sekarang, kita berhasil mendapatkan SPK sebanyak itu,” komentar Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra dalam sebuah pesan singkatnya di Jakarta, kemarin.


Amel juga menegaskan, SPK yang didapatkan Daihatsu bukan sekadar SPK kosong melainkan berikut uang tanda jadi. “Kalau mereka sudah bayar tanda jadi, jarang sekali ada pembatalan. Kan, mereka yang rugi kalau SPK-nya dibatalkan,” tambah Amel.

Akankah Daihatsu Luxio menjadi mobil fenomenal? menyamai Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Innova atau mungkin Honda Jazz yang laku keras di pasar otomotif Indonesia?

Sebuah pertanyaan yang belum akan bisa terjawab dalam waktu yang relatif singkat. Masih butuh waktu, paling sedikit satu semester ke depan. Namun, respons yang disampaikan publik – terlepas dari positif atau negatif – setidaknya telah membuat jajaran marketing ADM tersenyum lebar meskipun belum membuahkan hasil nyata.

Daihatsu bukan pemain baru di kelas ini. Ketika Gran Max resmi diluncurkan pada akhir 2007, komentar dan tanggapan miring pun mencuat ke permukaan. Tapi, apa yang terjadi? Faktanya, Gran Max malah menjadi tulang punggung penjualan Daihatsu dengan menyumbang pendapatan yang tidak sedikit, Prestasi Gran Max bisa terbilang cukup sukses, buktinya mobil ini pun berlayar menuju negeri sakura di awal tahun 2008.

Seakan tak peduli dengan krisis ekonomi global yang sedang melanda dunia, Luxio pun lahir. Tidak Tanggung-tanggung, penyanyi solo papan atas tanah air, Ari Lasso pun didaulat menjadi brand ambassador dan secara spesial menciptakan lagu tema khusus (jingle) hanya untuk Luxio. 27-02-daihatsu-luxio-05

“Saya senang dengan banyak perhatian dari berbagai media masa, baik tanggapan pro dan kontra. Tapi ’seeing is believing’, itu yang terbaik. Luxio memang lebih indah aslinya daripada fotonya, seperti wanita yang punya inner beauty. Kalau dilihat fotonya saja tidak bisa tahu betapa indahnya budi pekerti dan kepribadiannya, tapi setelah bertemu langsung bisa merasakannya,“ ungkap Amel.

Luxio berasal dari kata Luxurious sama dengan kemewahan. Mobil yang khusus dirancang untuk pasar Indonesia merupakan kendaraan penumpang baru yang stylish, mewah, lega, dan ditujukan untuk keluarga menengah atas yang telah mapan.

Vice President DMC Katsuyuki Kamio mengatakan yakin mobil delapan penumpang ini akan sukses seperti Gran Max. Meski Luxio lebih ditargetkan pada segmen keluarga bukan komersial seperti Gran Max. “Daihatsu Indonesia menjadi negara pertama yang mengekspor kendaraannya ke Jepang. Tapi untuk saat ini, Luxio hanya khusus untuk Indonesia,” katanya.

Luxio menggendong mesin 1.500 cc 3SZ-VE 16V DOHC VVT-i yang diklaim Daihatsu sebagai best selling engine dengan total penjualan nasional sebanyak 25%.

Namun, calon pembeli Luxio perlu jeli mengamati fitur-fitur yang diekspose para sales Daihatsu, karena beberapa bagian dari mobil yang dipajang adalah opsional. Misalnya, lampu depan multireflektor dengan HID atau xenon. Gril yang diberi lapisan krom hanya untuk varian X. Begitu juga dengan lampu kabut, kaca spion luar yang bisa distel dari dalam dengan menekan tombol (electric-retracgtable mirror) yang dilengkapi dengan lampu LED sebagai sinyal untuk berbelok.

27-02-daihatsu-luxio-031 Spoiler belakang dengan lampu rem, juga hanya tersedia tipe X. Begitu juga dengan seluruh jok yang dilengkapi dengan penahan kepala. Bahkan, two tone dashboard dengan ornamen pada kluster tengah juga hanya buat varian X. Parahnya lagi, transmisi otomatik dengan tuas berada di dashboard hanya ditawarkan buat tipe X. Demikian pula dengan audio Double DIN R/T+CD dengan MP3.

Fitur standar pada tipe M dan X adalah AC double blower, jok deret kedua yang bisa digeser dan sabuk pengaman untuk baris pertama sampai ketiga. Beberapa perlengkapan opsional lainnya adalah cargo tray dan cargo net, sedangkan ABS hanya opsional untuk tipe M dan X.

Dengan mengusung konsep innovative space, Luxio dirancang untuk dapat memberikan ruang dalam yang lega dengan dimensi keseluruhan kendaraan yang kompak. Ruang kabin Luxio yang terluas di kelasnya memiliki tinggi 1.300 mm dan panjang 1.288 mm.

Daihatsu Luxio dilengkapi dengan suspensi terbaru dan new stabilizer yang khusus didesain sehingga menciptakan kenyamanan dan stabilitas berkendara yang prima. Sama sekali berbeda dengan suspensi Gran Max yang banyak dikeluhkan penggunanya.

Dari sisi harga, Luxio berada di range antara Daihatsu Xenia dan Gran Max. Dengan berbagai keunggulan ini, Daihatsu Luxio dilepas dengan harga paling mahal Rp 162 juta dan paling murah Rp 136 juta, off the road Jakarta. Dan ditawarkan dengan 6 pilihan warna berbeda.

CEO PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Suparno Djasmin, mengatakan kehadiran Daihatsu Luxio semakin melengkapi jajaran produk Daihatsu. “Kami ingin menghadirkan satu kesempurnaan baru untuk berbagai aktivitas keluarga Indonesia,” jelasnya.

Akankah Luxio mampu menjadi yang terbaik?

Baca selengkapnya......

Daihatsu Luxio bukan Gran Max

Setelah menyaksikan peluncuran Daihatsu Luxio di Grand Ballroom, Hotel Kempiski, Jakarta, kemarin dan mengutip penegasan para petinggi Daihatsu, bahwa Luxio bukan Gran Max memang benar adanya
Menurut Kepala Enjiner Daihatsu Motor Co., Ltd. (Jepang) K. Sakamoto, Luxio memang mengusung platform yang sama dengan Gran Max. “Tapi mobil yang mampu mengangkut delapan penumpang ini, bukan Gran Max. Luxio hanya tersedia di pasar Indonesia. Luxio didesain secara eksklusif untuk pasar dan kebutuhan konsumen Indonesia,” tegasnya.


Luxio seperti dijelaskan Kamio, memiliki perbedaan signifikan dengan Gran Max. Jika Gran Max ditujukan ke konsumen komersial, Luxio hadir untuk memenuhi tuntutan keluarga pada kendaraan berdaya angkut penumpang banyak dengan kenyamanan yang baik.
Pilihan nama Luxio pun sengaja dipilih untuk memberi kesan ‘mewah’. Faktanya, Luxio tampil lebih mewah dari saudara satu platformnya, Gran Max minibus atau wagon.
Saat menyaksikan dari dekat, mulai dari eksterior sampai ke interior salah satu varian matiknya, banyak yang berkomentar, Daihatsu Luxio cukup mewah. Interiornya menyuguhkan warna beige, senada dengan warna jok, langit-langit dan door trim. Plus dashboard dengan two tone atau dua warna, beige dan hitam. Semakin membuat tampilan Luxio mewah.
Dibandingkan dengan Gran Max minibus, Luxio lebih mewah dan lebih lengkap. Kualitas material interior juga berbeda. Begitu juga dengan door trim. Kedua pintu depan dilengkapi dengan bezel tombol power window dan door lock. Pengemudi dan penumpang akan lebih nyaman dan aman saat berada di dalamnya.
Luxio juga tidak memiliki varian bermesin 1.3-liter seperti Gran Max. Mesin Luxio menggunakan 3SZ-VE 1.5-liter DOHC VVT-i.

luxio41

Mesin bertenaga 97hp dan torsi 134Nm itu sama dengan yang digendong Daihatsu Terios. Karenanya, Daihatsu yakin Luxio juga sangat hemat bahan bakar.

“Kehadiran Daihatsu Luxio semakin melengkapi jajaran produk Daihatsu. Kami ingin menghadirkan satu kesempurnaan baru untuk berbagai aktivitas keluarga Indonesia,” ucap CEO PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Suparno Djasmin.
Daihatsu Luxio sangat mudah dibedakan dengan Gran Max. Mobil beratap tinggi ini memiliki desain depan dan belakang lebih gaya. Malah ada yang bilang mirip ‘baby alphard’.

interior-luxio

Lampu utama, dibuat lebih besar dengan komposisi yang serasi dengan grille chrome dan bumper bercelah udara besar. Desain belakang juga tak kalah menarik. Lampu rem mirip dengan mobil keluarga premium.
“Lampu rem yang menempel pada pintu lift-back tidak sekadar menempel. Lampu ini bisa menyala juga,” ujar Kepala Pengembangan Produk ADM Pradito Sugondo.
Sugondo menambahkan sistem suspensi belakang Luxio berbeda dengan Gran Max. Menurutnya, penambahan batang penyetabil pada suspensi belakang akan menciptakan kenyamanan yang lebih baik.
Daihatsu Luxio hadir dalam empat varian, yakni D (Rp 136 juta), M (Rp 146 juta), X MT (Rp 151 juta) dan X AT (Rp 162 juta). Khusus varian M dan X tersedia opsional berupa fitur ABS (anti-lock braking system) guna meningkatkan keselamatan berkendara.
Pilihan warna pun beragam, ada dua pilihan warna baru yang tak dimiliki Gran Max, yaitu Crypton Green dan Meteor Gre. Nah! Luxio memang bukan Gran Max, Mau?

Baca selengkapnya......

Setiap Detik Lahir 16,5 Mobil Baru

Jumat, 9/1/2009 | 21:01 WIB
Setiap detik, lahir 16,5 mobil baru di dunia. Berarti selama setahun, tanpa hari libur (365 hari), akan dihasilkan 52 juta lebih kendaraan beroda empat atau lebih. Hebatnya lagi, hitungan ini bukan untuk produksi tahun lalu, melainkan untuk tahun 2009. Padahal, tahun ini diperkirakan kondisinya tidak sehebat tahun-tahun sebelumnya. Terjadi penurunan tajam produksi mobil di berbagai negara karena krisis keuangan global.


Perhitungan itu bukan mengada-ada. Namun, dilakukan oleh Worldometers, yang menghitung berbagai macam produk dan hal lain di dunia. Khusus untuk mobil, lembaga tersebut mengambil data atau mendasarkan pada perhitungan dari International Organization of Motor Vehicle Manufacturers (OICA). Tak lupa, analisis dari berbagai lembaga pemasar mobil dunia. Buktinya, belum 10 hari dari tahun 2009 berjalan, jumlah mobil yang diproduksi sudah mencapai 1,3 juta unit.
Definisi mobil - Kendaraan bermotor yang diproduksi 16,5 unit per detik itu untuk semua kategori, yang terdiri dari kendaraan penumpang dan komersial. Kendaraan penumpang adalah mobil yang menggunakan paling kurang empat roda dengan muatan maksimum 8 orang termasuk pengemudinya.

Sementara itu, kendaraan komersial adalah kendaraan roda empat atau lebih yang digunakan untuk membawa barang atau penumpang lebih dari 8 orang. Untuk ini termasuk mikrobus, van, bus, serta truk ringan atau berat.

Mobil penumpang menguasai 87 persen dari seluruh kendaraan roda empat atau lebih yang diproduksi di seluruh dunia. Sisanya, 13 persen adalah kendaraan komersial.

Untuk menghitung jumlah mobil yang akan diproduksi, digunakan data produksi terakhir, tren historikal, dan proyeksi. Industri otomotif adalah sektor penting ekonomi global. Karena itu, banyak analisis data penjualan dan perkiraan dikeluarkan oleh lembaga keuangan dan ekonomi dunia. OICA sendiri melakukan survei setiap tahun. Setiap enam bulan melakukan perkiraan produksi semester tahunan.
Siklus 5 tahun - Untuk 2009, penjualan kendaraan secara global tetap lancar kendati ada penurunan,. Penurunan tajam terjadi di pasar yang mulai jenuh, seperti Amerika Serikat, Eropa Barat, dan Jepang. Berdasarkan statistik, ada fenomena menarik dalam produksi dan penjualan mobil, yaitu siklus lima tahunan. Pada waktu tertentu, produksi dan penjualan mobil mencapai titik puncaknya dan kemudian turun lagi. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan produksi mobil dunia sejak 2002 berikut ini.

Sejak 2002, produksi mobil terus naik dan mencapai puncaknya pada tahun 2007, yaitu mendekati 55 juta unit. Tiba-tiba, pada 2008 turun, dan tahun ini turun lagi.
China menjadi negara ketiga terbesar dalam penjualan mobil pada 2007 karena penjualan mobil di negara tersebut meningkat hampir sampai 22 persen dari tahun sebelumnya menjadi 7 juta unit. Negara ini akan menjadi pasar mobil kedua terbesar di dunia menjelang 2010 karena pendapatan masyarakatnya meningkat, tersedianya kredit yang lebih besar. Penyebab lainnya, penurunan penjualan mobil di Jepang. Lebih lanjut, penetrasi mobil ke China makin besar karena perbandingannya 25 mobil untuk 1.000 orang, sedangkan di negara G7 yang sudah jenuh, perbandingannya 750 mobil untuk 1.000 orang.
600 juta kendaraan - Diperkirakan, planet kita kini dihuni sekitar 600.000.000 kendaraan yang melaju di jalanan di seluruh dunia. Paling banyak berada di Amerika Serikat. Berdasarkan catatan Biro Statistik Depertemen Perhubungan Amerika Serikat, pada 2005 terdapat 136.568.083 unit. Penjualan mobil di negara itu setiap bulannya tidak kurang dari satu juta unit. Jadi, kalau ditambah dengan tiga tahun terakhir, menjadi 160 juta unit lebih.

ZBJ

Baca selengkapnya......