Jumat, 06 Maret 2009

Ramah Tamah Media 2009 - Lebih Akrab Untuk Komunikasi Yang Lebih Baik

Bertempat di Penang Bistro, Kebon Sirih Jakarta Pusat, PT Astra Daihatsu Motor kembali menggelar acara Ramah Tamah Media 2009. Acara yang sempat tertunda ini akhirnya terlaksana dengan lancar dan penuh kehangatan antara manajemen PT Astra Daihatsu Motor dengan rekan-rekan jurnalis dari berbagai media cetak dan elektronik.



Acara yang berlangsung santai ini dihadiri oleh manajemen PT Astra Daihatsu Motor dan PT Astra International – Daihatsu Sales Operation yang diwakili oleh Bapak Suparno Djasmin, Chief Executive Officer PT Astra-International – Daihatsu Sales Operation, Bapak Toto Suryana, Chief Operational Officer PT Astra International – Daihatsu Sales Operation, Ibu Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, serta Bapak Pradipto Sugondo, Product Development Division Head PT Astra Daihatsu Motor.

Dalam sambutan pembukanya, Ibu Amelia Tjandra menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin dengan baik dan harmonis dengan media selama ini, tidak dipungkiri bahwa media juga berperan besar dalam menginformasikan dan mempromosikan semua kegiatan Daihatsu baik yang berbentuk komersil ataupun sosial. Rekan-rekan jurnalis pun tampak santai dan menikmati acara sambil menikmati makanan pembuka khas restoran tersebut yaitu Roti Canai dan minuman segar sebagai pendampingnya.

Memasuki acara utama, giliran Bapak Suparno Djasmin yang menyampaikan pencapaian Daihatsu di tahun 2008 lalu yang berhasil mencatat total penjualan sebesar 77.463 unit atau meningkat sebesar 45,2% dibanding tahun 2007. Untuk prestasi di tengah krisis tersebut, Daihatsu berhasil meraih posisi ketiga setelah Toyota dan Mitsubishi. Produk Daihatsu yang memberikan kontribusi dalam penjualan tersebut adalah Xenia (45%) disusul Gran Max (30%), Terios (20%) dan Sirion (5%).

Dari sisi pabrikan, tahun 2008, PT Astra Daihatsu Motor juga berhasil mencatat rekor angka produksi terbesar selama ini, yaitu 217.117 unit, terdiri dari model Xenia-Avanza 136.308 unit, lalu Terios-Rush sebanyak 41.110 unit dan Gran Max sebanyak 39.699 unit.

‘Pencapaian ini merupakan bukti bahwa produk-produk Daihatsu dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, terutama untuk 3 model terbaru Daihatsu yang baru diluncurkan pada tahun 2008 yaitu New Sirion, New Xenia VVT-i dan Gran Max’ ujar Amelia Tjandra.

Didalam acara ini manajemen PT Astra Daihatsu Motor juga mengumumkan tentang kenaikan harga yang terjadi pada produk-produk Daihatsu. Kenaikan harga tersebut tidak dapat dihindari akibat krisis global yang memaksa kenaikan harga bahan baku kendaraan seperti baja, dll. Meskipun kendaraan Daihatsu telah menggunakan bahan baku lokal sebanyak 85%, namun para supplier masih banyak menggunakan bahan impor untuk menghasilkan produk mereka. Kenaikan produk Daihatsu berkisar antara 6%-8% untuk semua tipe.

Untuk mengimbangi kenaikan harga tersebut, Daihatsu juga melakukan berbagai langkah inovatif, mulai dari produk, program penjualan yang menarik seperti program Paket Cermat sampai kepada layanan purna jual. Sehingga Daihatsu bisa terus mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia.

Selain informasi mengenai pencapaian Daihatsu serta kenaikan harga, dalam acara ini juga di informasikan mengenai bahan bakar alternatif untuk kendaraan yang juga telah dikembangkan oleh Daihatsu, yaitu penggunaan bahan bakar gas pada kendaraan Gran Max. Tingkat efisiensi yang dihasilkan dari penggunaan bahan bakar gas ini cukup besar bila dibandingkan dengan menggunakan bensin, yaitu sebesar 27%.

Daihatsu sendiri telah mengaplikasikan bahan bakar gas ini pada kendaraan Gran Max yang di peruntukkan sebagai angkutan kota. Ke depannya Daihatsu juga siap untuk mengimplementasikan bahan bakar alternatif ini untuk semua kendaraan Daihatsu. Mengenai masih sulitnya prasarana bahan bakar alternatif tersebut, Daihatsu juga siap bekerjasama dengan pemerintah untuk mempersiapkannya lebih lanjut.

Antusiasme rekan-rekan jurnalis tetap tinggi sampai pada saat Tanya-jawab dengan manajemen. Sesi tersebut berlangsung cukup lama karena banyaknya pertanyaan dari rekan-rekan jurnalis hingga waktu makan siang.

Berbagai makanan perpaduan Indonesia dan Malaysia langsung dihidangkan dan dinikmati dalam penuh kebersamaan antara manajemen Daihatsu dengan rekan-rekan jurnalis.

Semoga acara ramah tamah ini dapat semakin mendekatkan rekan-rekan jurnalis dengan manajemen Daihatsu agar terjalin komunikasi yang lebih baik, sehingga informasi yang disampaikan kepada masyarakat dapat lebih baik dan lebih cepat serta dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.

Baca selengkapnya......