Selasa, 10 Maret 2009

Luxio, Yaris, dan Grand Vitara Siap Dongkrak Penjualan Maret

Selasa, 3/3/2009 | 13:18 WIB

JAKARTA, SELASA — Para produsen mobil di Indonesia bisa sedikit tersenyum lantaran merasakan peningkatan penjualan di kuartal pertama. Salah satu pemicunya, ditawarkannya model baru yang membuat konsumen bergairah untuk membelinya.

Seperti Maret ini saja, beberapa ATPM siap meluncurkan senjata barunya. PT Hyundai Mobil Indonesia menyodorkan city car Hyundai i10, kemudian PT Indomobil Niaga International punya Suzuki Grand Vitara 2.4 yang akan dijajal para wartawan besok, dari Yogyakarta menuju Semarang


Toyota sebagai market leader juga tidak tinggal diam. Menurut informasi, PT Toyota Astra Motor bakal meluncurkan sedan hatchback Toyota Yaris, Maret ini. Yang lainnya, PT Lexus Indonesia, siap melansir sedan.

Di luar dugaan lagi, saat ini ada kecenderungan konsumen untuk tidak menunda membeli mobil sebelum terjadi kenaikan harga jual. “Akibatnya, tingkat penjualan mobil secara nasional meningkat sekitar 10 persen,” kata Wakil Ketua Gaikindo Johny Darmawan, Selasa (3/3) di Jakarta.

Sinyalemen Johny itu ada benarnya. Buktinya, tingkat penjualan mobil nasional menjelang masuknya kuartal kedua mengalami peningkatan. Bila Januari lalu angka penjualan mobil mencapai 31.000 unit, untuk Februari berhasil menembus angka 34.000 unit. “Meski kuartal pertama baru berakhir Maret nanti, kami optimistis penjualan akan semakin membaik,” tandasnya.

Meski demikian, bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2008, tingkat penjualan mobil secara nasional di bulan Februari ini cenderung menurun. Sebagai perbandingan saja, tahun lalu, penjualan mobil mencapai 47.000 unit. Dengan demikian, ada penurunan sekitar 27 persen.

Penurunan penjualan mobil erat kaitannya dengan tingginya tingkat suku bunga kredit konsumtif yang masih bertengger dari angka 10 persen sampai 11 persen. Ini membuat ATPM melakukan subsidi bunga 1-2 persen demi mendongkrak daya beli konsumen. “Adapun subsidi bunga itu diberikan secara tetap selama tiga tahun,” tandas Kiki Fajar, Corporate Communication Manager GM Autoworld Indonesia.

Namun, Kiki berani memprediksikan, puncak penjualan itu akan terjadi pada kuartal kedua alias periode April-Juni dan pada kuartal keempat alias periode Oktober-Desember. Makanya, jangan heran kalau pada kuartal kedua nanti akan lebih banyak ATPM mengeluarkan varian baru.

Ali Imron,SBT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar