Selasa, 10 Maret 2009

Daihatsu Luxio Laris Manis

HARAP cemas, yang muncul di jajaran marketing Astra Daihatsu Motor (ADM) menyusul peluncuran Daihatsu Luxio di Jakarta, Kamis (26/2) terjawab sudah. Dalam sebuah event yang berlangsung di Serpong, akhir pekan lalu, selama dua hari ADM berhasil membukukan lebih dari 150 surat pemesanan kendaraan (SPK).

“Wah! Benar-benar sambutan yang luar biasa disaat situasi ekonomi sedang krisis seperti sekarang, kita berhasil mendapatkan SPK sebanyak itu,” komentar Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra dalam sebuah pesan singkatnya di Jakarta, kemarin.


Amel juga menegaskan, SPK yang didapatkan Daihatsu bukan sekadar SPK kosong melainkan berikut uang tanda jadi. “Kalau mereka sudah bayar tanda jadi, jarang sekali ada pembatalan. Kan, mereka yang rugi kalau SPK-nya dibatalkan,” tambah Amel.

Akankah Daihatsu Luxio menjadi mobil fenomenal? menyamai Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Innova atau mungkin Honda Jazz yang laku keras di pasar otomotif Indonesia?

Sebuah pertanyaan yang belum akan bisa terjawab dalam waktu yang relatif singkat. Masih butuh waktu, paling sedikit satu semester ke depan. Namun, respons yang disampaikan publik – terlepas dari positif atau negatif – setidaknya telah membuat jajaran marketing ADM tersenyum lebar meskipun belum membuahkan hasil nyata.

Daihatsu bukan pemain baru di kelas ini. Ketika Gran Max resmi diluncurkan pada akhir 2007, komentar dan tanggapan miring pun mencuat ke permukaan. Tapi, apa yang terjadi? Faktanya, Gran Max malah menjadi tulang punggung penjualan Daihatsu dengan menyumbang pendapatan yang tidak sedikit, Prestasi Gran Max bisa terbilang cukup sukses, buktinya mobil ini pun berlayar menuju negeri sakura di awal tahun 2008.

Seakan tak peduli dengan krisis ekonomi global yang sedang melanda dunia, Luxio pun lahir. Tidak Tanggung-tanggung, penyanyi solo papan atas tanah air, Ari Lasso pun didaulat menjadi brand ambassador dan secara spesial menciptakan lagu tema khusus (jingle) hanya untuk Luxio. 27-02-daihatsu-luxio-05

“Saya senang dengan banyak perhatian dari berbagai media masa, baik tanggapan pro dan kontra. Tapi ’seeing is believing’, itu yang terbaik. Luxio memang lebih indah aslinya daripada fotonya, seperti wanita yang punya inner beauty. Kalau dilihat fotonya saja tidak bisa tahu betapa indahnya budi pekerti dan kepribadiannya, tapi setelah bertemu langsung bisa merasakannya,“ ungkap Amel.

Luxio berasal dari kata Luxurious sama dengan kemewahan. Mobil yang khusus dirancang untuk pasar Indonesia merupakan kendaraan penumpang baru yang stylish, mewah, lega, dan ditujukan untuk keluarga menengah atas yang telah mapan.

Vice President DMC Katsuyuki Kamio mengatakan yakin mobil delapan penumpang ini akan sukses seperti Gran Max. Meski Luxio lebih ditargetkan pada segmen keluarga bukan komersial seperti Gran Max. “Daihatsu Indonesia menjadi negara pertama yang mengekspor kendaraannya ke Jepang. Tapi untuk saat ini, Luxio hanya khusus untuk Indonesia,” katanya.

Luxio menggendong mesin 1.500 cc 3SZ-VE 16V DOHC VVT-i yang diklaim Daihatsu sebagai best selling engine dengan total penjualan nasional sebanyak 25%.

Namun, calon pembeli Luxio perlu jeli mengamati fitur-fitur yang diekspose para sales Daihatsu, karena beberapa bagian dari mobil yang dipajang adalah opsional. Misalnya, lampu depan multireflektor dengan HID atau xenon. Gril yang diberi lapisan krom hanya untuk varian X. Begitu juga dengan lampu kabut, kaca spion luar yang bisa distel dari dalam dengan menekan tombol (electric-retracgtable mirror) yang dilengkapi dengan lampu LED sebagai sinyal untuk berbelok.

27-02-daihatsu-luxio-031 Spoiler belakang dengan lampu rem, juga hanya tersedia tipe X. Begitu juga dengan seluruh jok yang dilengkapi dengan penahan kepala. Bahkan, two tone dashboard dengan ornamen pada kluster tengah juga hanya buat varian X. Parahnya lagi, transmisi otomatik dengan tuas berada di dashboard hanya ditawarkan buat tipe X. Demikian pula dengan audio Double DIN R/T+CD dengan MP3.

Fitur standar pada tipe M dan X adalah AC double blower, jok deret kedua yang bisa digeser dan sabuk pengaman untuk baris pertama sampai ketiga. Beberapa perlengkapan opsional lainnya adalah cargo tray dan cargo net, sedangkan ABS hanya opsional untuk tipe M dan X.

Dengan mengusung konsep innovative space, Luxio dirancang untuk dapat memberikan ruang dalam yang lega dengan dimensi keseluruhan kendaraan yang kompak. Ruang kabin Luxio yang terluas di kelasnya memiliki tinggi 1.300 mm dan panjang 1.288 mm.

Daihatsu Luxio dilengkapi dengan suspensi terbaru dan new stabilizer yang khusus didesain sehingga menciptakan kenyamanan dan stabilitas berkendara yang prima. Sama sekali berbeda dengan suspensi Gran Max yang banyak dikeluhkan penggunanya.

Dari sisi harga, Luxio berada di range antara Daihatsu Xenia dan Gran Max. Dengan berbagai keunggulan ini, Daihatsu Luxio dilepas dengan harga paling mahal Rp 162 juta dan paling murah Rp 136 juta, off the road Jakarta. Dan ditawarkan dengan 6 pilihan warna berbeda.

CEO PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Suparno Djasmin, mengatakan kehadiran Daihatsu Luxio semakin melengkapi jajaran produk Daihatsu. “Kami ingin menghadirkan satu kesempurnaan baru untuk berbagai aktivitas keluarga Indonesia,” jelasnya.

Akankah Luxio mampu menjadi yang terbaik?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar